Disebuah kamar hotel saya ngobrol berdua dengan Ust Jaffar Umar Thalib.. Beliau Panglima Laskar Jihad itu memberikan tausyiah kepadaku tentang “Madrasah Jihad” yaitu “Sekolah Jihad”

Madarasah Jihad itu ada 4 tingkatan :

Tingkatan Pertama. Jihad melawan kebodohan….. Jihad ini harus membuat ummat Islam bebas buta huruf.. harus belajar matematika,fisika, kimia dan semua ilmu2.. sesuai dengan perintah “belajarlah engkau dari sejak masa dibuaian sampai ke liang lahat”.. ummat Islam wajib hukumnya menuntut ilmu.. dan pahala dari ilmu yang kita berikan kepada orang lain akan mengalir terus kepada kita walaupun kita sudah wafat.. dan menjadi pertimbangan di Hari Penghakiman.. ini termasuk siswa, pelajar dan orang yanv mendirikan sekolah, madrasah, pesantren dan universitas..

Tingkatan kedua. Jihad melawan kemalasan dan kebakhilan.. ini jihad melawan akhlak yang bakhil dan jahil.. ummat islam harus merubah akhlaknya dari malas menjadi rajin.. menjadi seorang amanah dalam menjaga kepercayaan.. berbicara benar.. kreatif.. memberikan solusi.. pemberani.. berkerja keras.. sabar.. tidak tamak.. tidak boros dan juga tidak pelit.. ringan tangan menolong orang.. perduli… dan empathy.. inilah Jihad yang paling besar, karena ini jihad melawan nafsu.. jihad meperbaiki akhlak.. untuk jihad ini kita diberikan pelatihan-pelatihan khusus, seperti berpuasa di bulan Ramadahan.. oleh Rasulullah SAW ini disebut juga Jihad Akbar..

Tingkatan Ketiga, Jihad dengan nyawa dan harta.. jihad ini adalah berjihad dengan fisik dan harta.. baik di medan perperangan fisik dan non fisik.. ummat Islam harus dipersiapkan berperang melawan penjajahan dan kezaliman terhadap bangsa dan negaranya… muslimin wajib bela negara.. bela agama.. bela warga.. bela keluarga dari kezaliman dan kemusnahan.. membela yang benar dan tegaknya keadilan.. ini bukan fardhu kifayah tp fardhu ‘ain… harus terlibat walaupun cuma menyumbang seribu rupiah.. yg termasuk jihad ini juga adalah upaya boikot kepada orang2 yg mendanai perang terhadap Islam

Tingkatan Keempat, Jihad melawan musuh kasat mata… ummat Islam harus belajar bagaimana membongkar konspirasi.. mencari tahu musuh yang sebenarnya.. melawan framing dan fitnah.. harus mampu mengetahui tentang proxy.. tentang seorang yang di dandani sedemikian rupa utk menjadi tokoh-tokoh.. figur publik.. pemimpin.. ulama.. yang sebenarnya boneka kepentingan penjajah.. mengetahui orang2 yg mengaku2 ulama tapi menjual aqidah.. mengetahui orang yg berkhotbah di mimbar agama tapi adalah pengumpul harta dari penipuannya terhadap jelata.. mengetahui upaya2 adu domba dibalik hujjah2 yg patriotis.. ini jihad yg bukan sekedar mengasah nalar, dan ketajaman feeling tapi ini juga jihad dengan membangun sistem informasi.. dan dakwah..

Setelah tausyiah itu kami berpisah dan tidak pernah bertemu lagi sampai sekarang. Semoga Ustadz Jaffar Umar Thalib selalu berada dalam lindungan dan limpahan rahmat Allah SWT.. Aamiin

2018-10-29T19:56:43+00:00